INFO
  • menuju desa mumpuni yang selaras dengan budaya dan edukasi seni

SEDEKAH BUMI DESA SENDANGASRI TAHUN 2024 : MEMUPUK TRADISI, SEBAGAI WUJUD RASA SYUKUR KEPADA ILAHI.

21 Agustus 2024 Ngadam Berita Desa Dibaca 102 Kali

Sendangasri - Sedekah bumi adalah tradisi tahunan yang diselenggarakan di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Tradisi ini juga mengajarkan nilai kebersamaan, kepedulian terhadap lingkungan, dan rasa cinta kepada bumi. Tradisi sedekah bumi ini tidak hanya memiliki nilai-nilai religius, tetapi juga mengandung makna ekologis dan kearifan lokal yang perlu dilestarikan.

Tahlil dan doa bersama pada malam jum'at (15/08/2024) di punden mengawali acara Sedekah bumi di Desa Sendangasri, Tujuan acara tahlil bersama adalah mendoakan arwah sesepuh desa Sendangasri khususnya, dan mendoakan seluruh keluarga warga Desa Sendangasri yang telah mendahului kita semua. Dan puncak acara pada hari minggu (18/08/2024) pukul 08.00 Wib diadakan acara kirab budaya ancak dan karnaval, karena pada tahun ini acara sedekah bumi bertepatan dengan acara 17an. Hiburan Ketoprak siang malam pada hari minggu dan senin mengakhiri acara sedekah bumi Desa Sendangasri.

Tradisi sedekah bumi di Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang merupakan contoh nyata tentang bagaimana kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan dapat saling menyatu dalam sebuah tradisi yang indah. Tradisi ini tidak hanya memberikan manfaat spiritual dan ekologis, tetapi juga memiliki potensi sebagai daya tarik wisata budaya. Dengan usaha kolektif dari masyarakat lokal, pemerintah, dan pihak terkait, tradisi ini dapat terus dilestarikan dan diapresiasi oleh generasi yang akan datang.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar